Monday, May 5, 2014

Cerita Dibalik Game 2048

Mungkin beberapa pekan belakangan ini mungkin Anda akan menemukan linimasa media sosial Anda diisi oleh beberapa post mengenai 2048. Mungkin teman Anda membagikan link bermain game tersebut, atau ada juga yang memamerkan pencapaian skor terbaiknya. Sebenarnya seperti apa game yang mendadak populer dalam waktu singkat layaknya Flappy Bird ini?

Anda mungkin akan kaget (dan mungkin juga kagum) saat mengetahui siapa sebenarnya sosok di belakang game yang penuh dengan angka ini. Gabrielle Cirulli, adalah seorang remaja asal Italia yang usianya baru 19 tahun. Remaja ini aslinya adalah seorang web developer yang biasanya mengembangkan aplikasi berbasis web dan membuat blog.

Popularitas 2048 dimulai saat Cirulli membuat proyek iseng di akhir pekan. Dikutip dari LA Times, Cirulli berkata, “Saya membuatnya hanya sebagai sebuah proyek iseng di akhir pekan, bahkan saya pun tidak berusaha mengiklankannya.” Cirulli juga menambahkan bahwa 2048 ini terinspirasi dari game serupa berjudul Threes yang baru saja diluncurkan sekitar akhir bulan Februari lalu.

Game 2048 ini dimainkan pada sebuah papan sederhana dengan konfigurasi 4×4 kotak/ubin. Warna kotak akan berubah sesuai dengan arah gerakan yang Anda lakukan. Anda bisa menggerakkannya dengan menggunakan tombol panah atau dengan menggeser menggunakan jari Anda (tergantung pada platform yang Anda mainkan) untuk menggeser angka yang tertera pada layar.

Saat dua buah kotak yang berisi angka yang sama saling bertemu, keduanya akan bergabung menjadi satu kotak yang berisi nilai total dari dua kotak yang bergabung tersebut. Misalnya, Anda menggabungkan dua buah kotak yang berisi angka 8, maka Anda akan mendapatkan sebuah kotak baru yang berisi angka 8. Setiap kali Anda menggabungkan kotak, maka di beberapa kotak kosong yang tersedia akan terisi angka 2 atau 4 dengan posisi yang acak.

Permainan akan selesai ketika Anda berhasil menggabungkan kotak dengan nilai 2048. Anda juga tetap bisa melanjutkan permainan tersebut dan melewati angka 2048. Namun, permainan juga akan berakhir apabila Anda tidak memiliki ruang kosong lagi untuk menggerakkan kotaknya.

Popularitas 2048 membuat saat ini bermunculan berbagai klon lain yang memiliki mekanisme serupa, namun dengan beberapa sentuhan lain. Bahkan saking populernya, ada yang menganggap bahwa justru Threes yang mengambil ide dari 2048. Saat ditanya, Cirulli berkata bahwa dirinya benar-benar hanya iseng membuatnya dan belum berencana untuk membuat game lain.



Sumber : http://www.infokomputer.com/2014/05/fitur/cerita-game-2048-populer-dari-hasil-keisengan/

No comments:

Post a Comment