Saturday, April 26, 2014

Perubahan dan Pengembangan Organisasi

Pengertian Perubahan dan Pengembangan Organisasi
1.      Perubahan Organisasi
Perubahan organisasi adalah perubahan dimulai pada satu titik, berlanjut melalui serangkaian tahap, dan mencapai puncaka dalam hasil yang diharapkan oleh mereka yang terlibat berupa perbaikan dari titik awal.
2.      Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi adalah suatu perspektif tentang perubahan sosial yang direncanakan dan yang dibina. Hal ini menyangkut inovasi yang menyiratkan perubahan kualitatif dalam norma, pola perilaku dalam hubungan perorangan dan hubungan kelompok dalam persepsi tujuan maupun metode.
Langkah – Langkah Perubahan Organisasi
·         Mengadakan pengkajian
·         Mengadakan identifikasi
·         Menetapkan perubahan
·         Menentukan strategi
·         Melakukan evaluasi
·         Mengadakan perubahan struktur organisasi
·         Mengubah sikap dan perilaku pegawai
·         Mengubah tata aliran kerja
·         Mengubah peralatan kerja
·         Mengubah prosedur kerja
·         Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personal
Perencanaan Strategi Pengembangan Organisasi
Tahap 1 : Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
Perencanaan dimulai dengankeputusan-keputusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja.Tanpa rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan menggunakan sumber daya sumberdayanya secara tidak efektif.

Tahap 2 : merumuskan keadaan saat ini
Pemahaman akan posisi perusahaan sekarang dari tujuan yang hendak di capai atau sumber daya-sumber daya yang tersediauntuk pencapaian tujuan adalah sangat penting, karena tujuan dan rencana menyangkutwaktu yang akan datang. Hanya setelah keadaan perusahaan saat ini dianalisa, rencanadapat dirumuskan untuk menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut. Tahap kedua inimemerlukan informasi-terutama keuangan dan data statistik yang didapat melaluikomunikasi dalam organisasi.

Tahap 3 : mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan
Segala kekuatan dankelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasikan untuk mengukurkemampuan organisasi dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor lingkungan intren dan ekstern yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya,atau yang mungkin menimbulkan masalah. Walau pun sulit dilakukan, antisipasi keadaan,masalah, dan kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi di waktu mendatang adalahbagian esensi dari proses perencanaan.

Tahap 4 : mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaiantujuan
Tahap terakhir dalam proses perncanaan meliputi pengembangaan berbagai alternatif kegiatan untuk pencapaian tujuan, penilaian alternatif-alternatif tersebut danpemilihan alternatif terbaik (paling memuaskan) diantara berbagai alternatif yang ada.

Implikasi Manajerial
Manajer seharusnya memahami arti dan perlunya perubahan,demikian manajemen juga dampak potensial perubahan bagi organisasi mereka. Mereka seharusnya menyadari bahwa perubahan jarang berhenti dan bahwa sejumlah perubahan mungkin terjadi secara simultan. Manajer juga harus menyadari bahwa kebutuhan akan perubahan dapat didorong baik oleh kekuatan internal maupun eksternal. Mereka juga harus menilai  pentingnya perubahan tersebut.


Daftar Pustaka
http://dimasihsanprasetyo.blogspot.com/2013/06/pengertian-perubahan-dan-pengembangan.html
http://prajuritindo.blogspot.com/2013/06/perencanaan-strategi-pengembangan.html
http://ikasakra-olivia.blogspot.com/2013/06/langkah-langkah-perubahan-organisasi.html
Ricky W. Griffin. Manajemen. Jakarta : Erlangga.2004

No comments:

Post a Comment