Saturday, March 8, 2014

TEAM WORK

PENGERTIAN KELOMPOK
Kelompok adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern. Masing-masing dari diri kita telah menjadi dan masih mendai anggota kelompok-kelompom yang berbeda. Ada kelompok sekolah, kelompok kerja, kelompok keluarga,kelompok sosial,dl. Beberapa kelompok dapat memotivasi munculnya kinerja terbaik dari para anggotanya. Sedangkan kelompok yang lain memunculkan kinerja yang buruk.
KARAKTERISTIK KELOMPOK
1.      Komposisi
2.      Hierarki status
3.      Peran
4.      Norma
TAHAP-TAHAP PEMBENTUKAN KELOMPOK
1.      Tahap pembentukan
Tahap pembentukan ditandai oleh adanya ketidakpastian mengenai sasaran,struktur,dan kepemimpinan kelompok. Aktivitas ini berpusat pada usaha anggota untuk memahami dan memberikan definisi mengenai sasaran,peran, dan tugas dalam kelompok.
2.      Tahap konflik
Tahap konflik ditandai leh banyaknya konfrontasi. Ini biasanya merupakan tahap yang emosional, di mana muncul kompetisi antar anggota kelompok dalam mendapatkan penugasan yang diharapkan dan perselisihan pendapat mengenai perilaku-perilaku tugas dan tanggung jawab seseorang.
3.      Tahap pembentukan norma
Tahap pembentukan norma ditandai dengan adanya kerja sama dan kekompakan. Tahap ini juga merupakan tahap di mana kohesivitas kelompok ulai berkembang secara sifgnifikan.
4.      Tahap penunjukan kinerja
Tahap penunjukan kinerja adalah tahap saat kelompok berfungsi sepenuhnya. Setiap anggota kelompok memahami dan menerima perannyha masing-masing. Kelompok memusatkan usaha dan komitmen mereka pada pencapaian tugas yang harus mereka lakukan.
5.      Tahap pembubaran
Tahap pemmburan ini merupakan tahap berakhirnya aktivitas kelompok. Aktivitas-aktivitas rutin yang dilakukan telah selesai dan kelompok memusatkan perhatian pada proses penutupan.

KEKUATAN TEAM WORK
Teamwork atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi paling populer di tim.

Dalam sebuah tim dibutuhkan kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.

IMPLIKASI MANAJERIAL (CONTOH KASUS)

Dalam sebuah tim diperlukan kerja sama yang baik. Jika tidak menjalin kerja sama yang baik dalam sebuah kelompok, nantinya kelompok itu tidak akan bertahan lama. Dan di dalam sebuah kelompok juga perlu saling percaya satu sama lain. Sebuah kelompok biasanya diperlukan sebuah ketua kelompok agar membagi tugas para anggota dan mengatur anggota kelompoknya. Sehingga tidak terjadi salah satu anggota kelompok mengerjakan tugas lebih.


Sumber
John M Ivancevich.Perilaku dan Manajemen Organisasi jil 2.Erlangga.Jakarta.2005
Sutarto.Dasar-dasar Ilmu organisasi Perusahaan.Gajah Mada University Press.2002




No comments:

Post a Comment