Tuesday, April 2, 2013

REMAJA DALAM MENERAPKAN SOPAN SANTUN DALAM BERTUTUR KATA



Zaman sekarangbanyak kalangan remaja yang kadang bertutur kata tidak sopan di depan umum. Hal itu bisa membuat nilai-nilai pancasila remaja zaman sekarang semakin kurang. Kita sebagai remaja seharusnya menyadari hal-hal itu. Jika kita ingin memiliki nilai pancasila, kita harus memahami arti/maksud nilai-nilai pancasila itu sendiri baru kita mulai menerapkan nilai-nilai pancasila dikehidupan sehari-hari.
            Sebenarnya nilai pancasila itu harus ditanamkan dari sejak kecil, sehingga menjadi manusia yang memahami nilai-nilai pancasila. Nilai-nilai pancasila itu juga mengajarkan seorang remaja dalam membentuk kepribadian dan emosional yang baik. Sejak kecil orang tua juga harus mendidik anak-anaknya dalam memahami nilai-nilai pancasila, misalnya ketika berbicara kepada orang yang lebih tua nada bicaranya jangan terlalu keras dan bicara dengan sopan santun.
            Dengan kita bisa memahami nilai-nilai pancasila itu, remaja bisa bertutur kata yang sopan di depan umum. Dan jika kita bertemu dengan orang lain dilingkungan masyarakat, orang tersebut dapat menghargai kita. Dan terkadang dilingkungan masyarakat, menilai negatif tentang kita. Maka dari itu apabila kita tidak ingin dinilai negatif oleh orang lain, kita harus merubah sikap dan perilaku kita.
            Tidak hanya diajuarkan pancasila oleh orang tua, tetapi kita juga mendapat pelajaran nilai-nilai pancasila dari sekolah. Tetapi, masih banyak remaja yang kurang memahami nilai-nilai pancasila. Dan juga remaja masih kurang disiplin dalam menaati peraturan yang ada di sekolah. Seharusnya sekolah bukan hanya mengajarkan tetapi menerapkan nilai-nilai pancasila tersebut.
            Oleh karena itu, kita harus menerapkan nilai-nilai pancasila. Sehingga kita bisa bersopan santun dalam bertutur kata yang baik. Dengan menerapkan nilai-nilai pancasila kita bisa membuat masyarakat mengikuti kita dalam perilaku. Sehingga masyarakat bisa memahami dan menilai positif kepada kita, karena kita mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut. Mengamalkan nilai-nilai pancasila juga dapat membentuk kepribadian remaja yang baik, khususnya sopan santun dalam bertutur kata yang baik dalam lingkungan masyarakat.

No comments:

Post a Comment