Thursday, March 26, 2015

Awas! Hacker Masa Kini Menyerang Televisi, Mobil, dan Kamera CCTV

Era internet of things perlahan-lahan terwujud dengan terhubungnya makin banyak perangkat ke jaringan internet. Di satu sisi, teknologi ini memang memudahkan berbagai aktivitas sehari-hari. Tapi, di sisi lain, ada bahaya keamanan yang menanti.

“Internet of things menimbulkan sasaran baru untuk hacker,” kata Alex Lei (Director, Security Sales, Symantec ASEAN & Korea) di Jakarta, Rabu (8/5). Alasannya, pada perangkat-perangkat yang terhubung ke internet inilah tersimpan data-data pribadi pengguna.

Alex mengungkapkan, Symantec dalam laporan Internet Security Threat Report (ISTR) 2014 telah menemukan bukti terjadinya serangan keamanan terhadap kamera CCTV dan baby monitor (kamera pengawas bayi). Hacker bisa menerobos masuk ke dalam jaringan dan mengetahui hal-hal yang dilihat oleh kamera pengawas tersebut.


“Kami juga sudah menyaksikan demonstrasi serangan terhadap televisi, mobil, dan peralatan medis. Keberadaan sistem operasi dan kemampuan untuk terhubung ke internet di benda-benda tersebut mengundang hacker untuk menyerangnya,” jelas Alex seraya menambahkan bahwa serangan tersebut masih belum terjadi secara nyata, tapi sangat mungkin terjadi.

Di masa depan, Alex melihat peluang bagi hacker untuk mengincar wearable device, seperti arloji cerdas (smartwatch) dan alat pencatat olahraga (fitness tracker). “Alat-alat ini mencatat detak jantung kita, berat badan, kebiasaan tidur, dan informasi lainnya. Ketika data-data pribadi ini wara-wiri di jaringan internet, bayangkan apa yang bisa terjadi terhadapnya,” ia mewanti-wanti.



Sumber: 
http://www.infokomputer.com/2014/05/berita/berita-reguler/hacker-menyerang-televisi-mobil-cctv/

No comments:

Post a Comment