Monday, November 26, 2012

HARI PAHLAWAN

Hari pahlawan diperingati pada tanggal 10 november. Dimana para pahlawan memperjuangkan tanah air. Banyak terjadi perlawanan di daerah0daerah indonesia. Misalnya pertempuran di surabaya yang dipimpin oleh Bung Tomo. Ia mampu menyalakan semangat masyarakat di surabaya. Pertempuran tersebut disebabkan karenab terbunuhnya salah satu pimpinan inggris yang bernama Jendral Mallaby. Kematian Jendral Mallaby menyebabkan tentara inggris marah kepada masyarakat surabaya. Akhirnya tentara inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Ultimatum tersebut dianggap sebagai penghinaan oleh masyarakat surabaya. Sehingga ultimatum yang diberikan oleh tentara inggris tidak dihiraukan oleh masyarakat surabaya, lalu tentara inggris yang diboncengi oleh Belanda melakukan serangan ke gedung-gedung pemerintahan surabaya dan melakukan pengeboman. Sehingga masyarakat surabaya melakukan serangan balik terhadap tentara inggris, walaupun yang menang dalam pertempuran adalah inggris. Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia hingga sekarang.

Makna dari HARI PAHLAWAN yaitu kita sebagai masyarakat indonesia wajib membea negara indonesia, walaupun dengan nyawa taruhannya. Dan kita harus selalu mengenang jasa-jasa pahlawan yang sudah membela dan mempertaruhkan nyawanya untuk bangsa indonesia. Dengan kita memperingti hari pahlawan kita bisa memaknai arti dari membela bangsa indonesia.

1 comment:

  1. Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    ReplyDelete