Pengertian
Perubahan dan Pengembangan Organisasi
1. Perubahan
Organisasi
Perubahan
organisasi adalah perubahan dimulai pada satu titik, berlanjut melalui
serangkaian tahap, dan mencapai puncaka dalam hasil yang diharapkan oleh mereka
yang terlibat berupa perbaikan dari titik awal.
2. Pengembangan
Organisasi
Pengembangan
organisasi adalah suatu perspektif tentang perubahan sosial yang direncanakan
dan yang dibina. Hal ini menyangkut inovasi yang menyiratkan perubahan
kualitatif dalam norma, pola perilaku dalam hubungan perorangan dan hubungan
kelompok dalam persepsi tujuan maupun metode.
Langkah
– Langkah Perubahan Organisasi
·
Mengadakan pengkajian
·
Mengadakan identifikasi
·
Menetapkan perubahan
·
Menentukan strategi
·
Melakukan evaluasi
·
Mengadakan perubahan struktur organisasi
·
Mengubah sikap dan perilaku pegawai
·
Mengubah tata aliran kerja
·
Mengubah peralatan kerja
·
Mengubah prosedur kerja
·
Mengadakan perubahan dalam hubungan
kerja antar personal
Perencanaan
Strategi Pengembangan Organisasi
Tahap
1 : Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
Perencanaan
dimulai dengankeputusan-keputusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi
atau kelompok kerja.Tanpa rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan
menggunakan sumber daya sumberdayanya secara tidak efektif.
Tahap 2 : merumuskan keadaan saat ini
Tahap 2 : merumuskan keadaan saat ini
Pemahaman
akan posisi perusahaan sekarang dari tujuan yang hendak di capai atau sumber
daya-sumber daya yang tersediauntuk pencapaian tujuan adalah sangat penting,
karena tujuan dan rencana menyangkutwaktu yang akan datang. Hanya setelah
keadaan perusahaan saat ini dianalisa, rencanadapat dirumuskan untuk
menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut. Tahap kedua inimemerlukan
informasi-terutama keuangan dan data statistik yang didapat melaluikomunikasi
dalam organisasi.
Tahap 3 : mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan
Segala
kekuatan dankelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasikan
untuk mengukurkemampuan organisasi dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu
diketahui faktor-faktor lingkungan intren dan ekstern yang dapat membantu
organisasi mencapai tujuannya,atau yang mungkin menimbulkan masalah. Walau pun
sulit dilakukan, antisipasi keadaan,masalah, dan kesempatan serta ancaman yang
mungkin terjadi di waktu mendatang adalahbagian esensi dari proses perencanaan.
Tahap 4 : mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaiantujuan
Tahap
terakhir dalam proses perncanaan meliputi pengembangaan berbagai alternatif
kegiatan untuk pencapaian tujuan, penilaian alternatif-alternatif tersebut
danpemilihan alternatif terbaik (paling memuaskan) diantara berbagai alternatif
yang ada.
Implikasi
Manajerial
Manajer
seharusnya memahami arti dan perlunya perubahan,demikian manajemen juga dampak
potensial perubahan bagi organisasi mereka. Mereka seharusnya menyadari bahwa
perubahan jarang berhenti dan bahwa sejumlah perubahan mungkin terjadi secara
simultan. Manajer juga harus menyadari bahwa kebutuhan akan perubahan dapat
didorong baik oleh kekuatan internal maupun eksternal. Mereka juga harus
menilai pentingnya perubahan tersebut.
Daftar
Pustaka
http://dimasihsanprasetyo.blogspot.com/2013/06/pengertian-perubahan-dan-pengembangan.html
http://prajuritindo.blogspot.com/2013/06/perencanaan-strategi-pengembangan.html
http://ikasakra-olivia.blogspot.com/2013/06/langkah-langkah-perubahan-organisasi.html
Ricky
W. Griffin. Manajemen. Jakarta : Erlangga.2004